Nara 5 bulan: Motoric Leap yang luar biasa!

Hore 5 bulan! Sebentar lagi Nara makan. Di bulan kelima ini, perkembangan motorik Nara sangat pesat. Namun karena dia sangat terfokus pada loncatan motoriknya, ngocehnya sedikit berhenti. Karena agak banyak milestones di bulan kelima ini, maka postingan kali ini agak panjang.

Nara serius bermain


Usia 5 bulan
Nara terlihat sangat ingin mengambil benda yang jauh, ketika tengkurap, dia ingin sekali maju, namun belum bisa. Ujung-ujungnya gaya seperti superman (angkat kedua tangan dan kaki, kemudian digerak-gerakkan) dan kemudian frustasi lalu menangis. Setelah saya baca-baca, gerakan ini normal dan dapat memperkuat otot tangan, kaki, dan perut yang menjadi dasar dia merangkak kelak.
Diawal 5 bulan ini pula Nara semakin senang jika bermain dengan posisi duduk. Dia belum bisa duduk sendiri dan masih doyong ketika duduk, namun terlihat mulai menikmati saat duduk bersandar.
Mulai bisa menolak nenen jika sudah kenyang. Dia akan buang muka gitu, hehehe lucu.

Usia 5 bulan 1 minggu
Mendadak Nara bisa merayap. Dan nggak hanya 1-2 langkah, tapi sudah cukup untuk melintasi matras berukuran 2x2 meter dari ujung keujung. Lucunya, dia merayap dengan bantuan kepala. Jadi kepala dilemparkannya, kemudian tangan dan kaki menyusul. Jika kita beri umpan, dia akan mengejar dengan sangat cepat. Setelah beberapa menit biasanya kepalanya menjadi panas (hanya kepala, badan lain tidak), maka kita hentikan permainannya.

Nara sipit pakai blangkon
Usia 5 bulan 2 minggu
- Kepala sudah tidak dibanting-banting lagi saat merayap, Nara mulai pandai menggunakan kekuatan tangan untuk maju, kemudian kakinya menyusul.
- Jika didudukkan di pangkuan kita, dia tidak betah dan ingin diberdirikan. Jika berdiri, Nara loncat-loncat kegirangan.

Usia 5 bulan 3 minggu
- Merayap sudah sangat lancar dan mulai onggong-onggong (posisi merangkak atau akan start), bisa maju 2-3 langkah sebelum ambruk.
- Duduk masih doyong. Hampir bisa duduk sendiri dari posisi tengkurap, tapi karena duduk tegak belum bisa, jadi duduknya tetap harus dibantu.
- Sangat amat cepat bosan. Kalau dulu bisa terus-terusan merangkak, sekarang baru merangkak 15 menit sudah bosan. Kemudian main sambil duduk. Jika masih bosan kita beri teether dia gigit-gigit. Jika masih bosan lagi digendong sambil bercerita. Harus selalu dientertain. Karena sudah bisa berdiri saat dipegangi, Nara mama sewakan jumperoo.

Jumperoo favorit. Lebih suka yang Fisher Price ketimbang Baby Einstein

Usia 5 bulan 4 minggu
Menyewa jumperoo adalah keputusan yang sangat tepat karena orang yang sedang mengasuh Nara jadi punya waktu untuk beristirahat sejenak atau ke kamar kecil. Nara juga terlihat sangat menikmati jumperoonya, dia nggak berhenti loncat. Jika merasa cukup, Nara akan menangis, dan saat itu kita angkat untuk main permainan lainnya. Energinya sangat banyak jadi harus dicarikan kegiatan untuk menyalurkan energinya.

Komentar