Our Time is Running Out



"I'll tell you a secret. Something they don't teach you in your temple. The Gods envy us. They envy us because we're mortal, because any moment might be our last. everything is more beautiful because we're doomed." (Said by Achilles in Troy)

Saya mulai mengenal Nicholas Flamel dari Harry Potter dan The Alchemist. Ternyata ia adalah orang nyata, ahli kimia berkebangsaan Prancis yang hidup sekitar abad ke 13 (source: wikipedia). Di kedua buku ini diceritakan sekilas tentang legenda Nicholas Flamel dan batu bertuah, yang dapat merubah batu menjadi emas (The Alchemist), dan membuat orang hidup selamanya (Harry Potter). Saya tidak ingin bercerita tentang Nicholas Flamel. Yang menjadi pertanyaan saya, apakah kita akan menjadi lebih bahagia bila hidup lebih lama? Bahkan, apakah kita akan bahagia bila kita hidup selamanya?

Setelah melihat Twilight, yang ada di pikiran saya bukanlah seberapa pucat Robert Cullen, namun betapa membosankannya hidup selama ratusan tahun dan tetap berusia 17 tahun? Terlebih lagi sebagai vampir dia tidak bisa (dan tidak perlu) tidur. Diceritakan pula dalam bukunya, vampir2 keluarga Cullen ini jika boleh memilih, mereka lebih memilih tua dan akhirnya mati, ketimbang hidup dalam situasi yang sama selama bertahun-tahun (dan tetap akan begitu sampai tahun-tahun berikutnya). Terlalu banyak waktu yang dimiliki, sehingga waktu tidaklah lagi istimewa. Seperti kata Achilles, mungkin kita beruntung, karena kita dikutuk. Karena waktu kita terbatas, kita jadi lebih menghargainya.

Saya bersyukur saya adalah manusia biasa yang harus menjalani berbagai fase dalam hidup: lahir-anak2-remaja-dewasa-tua-dan kemudian mati. Saya tidak terlalu peduli dengan reinkarnasi dan life after death, well come what may, yang penting adalah bagaimana saya menjalani hidup saya sekarang. Karena waktu saya terbatas. Karena kesempatan tidak datang dua kali. Maka saya haus akan pengalaman. Saya ingin menikmati semua yang ditawarkan oleh alam. Saya ingin belajar semua ilmu pengetahuan. Saya ingin pergi kesemua tempat yang saya bisa.

Saya hanya ingin berlari. Sampai waktu saya habis.

And our time is running out....


*picture of Astronomical Clock, Prague, Czech Republic. Personal Collection :)

Komentar