Imagining: Zombie Apocalypse


"In Zombie apocalypse, a widespread (usually global) rise of zombies hostile to human life engages in a general assault of civilization. Victims of zombies may become zombies themselves. This causes the outbreak to become an exponentially growing crisis: the spreading "zombie plague/virus" swamps normal military and law enforcement organizations, leading to the panicked collapse of civilian society until only isolated pockets of survivors remain, scavenging for food and supplies in a world reduces to a pre-industrial hostile wilderness." (Zombie Apocalypse, Wikipedia)

I'm a big fans of Zombie-based movie. Bukan, bukan kepada kekerasan dan banyaknya pembantaian didalamnya. Saya lebih tertarik kepada kisah kemanusiaan didalamnya. Begitu banyak konflik yang dapat timbul, dan ego tetap menjadi masalah yang harus diselesaikan setiap orang. Hari ini saya terjebak hujan dan suasana mellow di kamar. Alih-alih melihat Castle (serial detektif favorit saya), saya tertarik untuk mulai menonton folder "The walking dead" di laptop. Dan blam..7 episode (masing2 sekitar 1 jam) habis ditonton secara maraton. Rekor maraton serial terpanjang selama ini.

Saya sering membayangkan, ketika Zombie Apocalypse terjadi, apa yang harus saya lakukan? Menurut parodi pada http://theoatmeal.com/comics/zombie_how, hal pertama (dan kesalahan klise) yang dilakukan setiap orang adalah, go out there and save your loved ones. Well, jika hal ini tidak dilakukan, maka film zombie tidaklah pernah ada bukan? Jika saya ditanya, apakah saya akan pergi keluar sana dan mencari my loved ones, jawabannya adalah: tidak. Tidak kecuali saya yakin bahwa saya benar2 capable untuk menanggulangi serangan benar2 tahu harus mencari dari mana. Jika tidak? Sama saja dengan melempar daging segar ke kalangan harimau kelaparan.

"Shane: Jim, nobody is gonna hurt you, okay?
Jim: That's a lie. That's the biggest lie there is. I told that to my wife and my 2 boys. I said it 100 times. It didn't matter. They came out of nowhere. There were dozens of them. Just pulled 'em out of my hands. You know, the only reason I got away was 'cause the dead were too busy eating my family."

Di film2 zombie, hal2 klise yang menjadi bumerang dalam camp pertahanan adalah masalah ego. Kesalahpahaman dalam satu kelompok bisa membuat mereka teralihkan dan lemah terhadap serangan. Tindakan sok2 pahlawan dan mencoba menyelamatkan nyawa, hampir pasti akan berujung kepada lebih banyak nyawa yang terbuang sia2. Jadi kalo menurut saya, kuncinya adalah pergi bersama, atau tidak sama sekali. At the end, it is every man for himself, jadi jika pendapat anda tidak diterima kelompok, just leave or shut up.

Salah satu pelajaran yang kental dalam serial The Walking Dead adalah survival. Ketika Merle terjebak disebuah borgol, dan Zombie berdatangan, dia memotong tangannya sendiri dengan gergaji tangan yg terletak didekatnya. Belup cukup, dia menyetrika potongan tangannya untuk menghentikan pendarahan. Imagine how hard it is just to keep alive!


"They might not seem like much one at the time, but when they're in a group all riled up and hungry, man you watch your ass"
Mungkinkah Zombie Apocalypse benar2 terjadi? Saya rasa mungkin. Banyak penjelasan ilmiah yang cukup masuk akal. Diantaranya: Brain parasites, Neurotoxin, Virus, Neurogenesis, dan banyak lagi yang lain. Bahkan, CDC (Center for Disease Control and Prevention), menyebutkan dalam website mereka: http://blogs.cdc.gov/publichealthmatters/2011/05/preparedness-101-zombie-apocalypse/ apa saja yang harus dipersiapkan dalam menghadapi Zombie Apocalypse. Better ready than sorry, right?

Jika Zombie Apocalypse benar2 terjadi, saya akan ikut serta dalam kelompok yang selalu bergerak dengan harapan bahwa pertolongan itu ada. Saya tidak akan berdiam diri menunggu Zombie menyerang. Saya akan membantai sebanyak mungkin Zombie yang menyerang, dan selalu menyisakan 1 peluru, if all else failed. I just don't want to hurt anybody. ;)

Sayang sekali saya tidak punya Fox Movie Premium untuk memonton Season Finale The Walking Dead. Akan secepatnya mendownload setelah presentasi quarter 1 selesai dilakukan :)

ps: 
Photo courtesy of google.
All quotes from The Walking Dead

Komentar