Nekat ke Pulau Sempu: 20 April 2014 (2)

Hutan Bakau Pulau Sempu

Kami mendarat di cekungan pulau Sempu yang dikelilingi dengan hutan Bakau yang sangat lebat. Karena mengejar waktu, kami langsung berjalan begitu mencapai pantai. Setelah 5 menit berjalan, saya terpeleset dan jatuh terduduk. Agak menyesal rasanya mengapa memaksakan tetap berangkat di waktu yang sempit dan medan yang sedang becek-beceknya.
Namun rasa kesal itu sirna dengan semangat yang berapi-api, hohoho. Dengan lincah, saya berusaha mengikuti langkah pemandu. Untuk dapat berjalan dengan cepat, diperlukan mata yang awas dalam memilih pijakan, kaki yang lincah dan tahan gempuran, tangan yang kuat dan gesit dalam bergelantungan dan berpegangan di dahan pohon, serta konsentrasi tinggi. Entah berapa kali saya terpeleset dan terjerembab dalam lumpur, namun tidak saya rasakan dan pikirkan, yang penting, bagaimana saya dapat mencapai pantai secepat mungkin. Medan tersulit saya rasa adalah 10 menit terakhir sebelum sampai, karena kita harus melalui jalan sempit yang dipenuhi oleh akar pohon dan berada di pinggir tebing. Pemandu mengingatkan berkali-kali untuk tidak menginjak akar, karena akar basah dapat menjadi sangat licin, dan untuk selalu berpegangan pada akar/batang yang ada didekat kita karena apabila kita tergelincir ke samping tebing, batu karang di dasar akan menyambut kita.

Senangnya sampai di pantai!
Pemandangan dari sisi yang lain
 Air laut masuk lewat celah di cekungan tebing sehingga terbentuk seperti air terjun

1 jam dan 15 menit kemudian, kami pun sampai di pantai. Rasa lelah itu terbayar sudah. Pemandangan yang ada di depan mata sangatlah indah! Air danau yang hijau, dikelilingi oleh pepohonan yang hijau, ditambah dengan pasir putih, seperti pantai-pantai Thailand yang sering kita lihat di internet! Ternyata, pantai Pulau Sempu yang tersohor itu tidak berada di pinggir pulau, melainkan berada di semacam danau air asin. Tebing membentengi danau air asin dan Laut Selatan. Air dari danau berasal dari bagian tebing yang agak rendah dan membentuk semacam air terjun. Jika kita naik diatas tebing, maka akan terlihat ombak Laut Selatan yang sangat ganas dan merasakan cipratannya. Kita tidak diperbolehkan untuk berdiri di tepi tebing karena ombak bisa saja datang lebih tinggi dan membawa kita bersamanya. Di pinggir pantai, banyak tenda didirikan. Rupanya, berkemah di pantai Pulau Sempu adalah hal yang lumrah. Melihat medan yang harus dilalui, berkemah adalah pilihan yang tepat.

Bagian tebing dari pulau Sempu: Ombak Laut Selatan dapat mencapai tempat kami berdiri ketika pasang
Pemandangan ke Pantai Segara Anakan dari Atas Tebing
Perjalanan pulang lebih terasa sulit karena kita langsung mendaki semenjak awal berjalan. Berbeda dengan perjalanan awal yang kami lalui tanpa berhenti sama sekali, di perjalanan pulang ini kami berhenti 2 kali untuk mengambil nafas dan minum. Mungkin juga karena efek belum pulihnya rasa lelah karena istirahat yang hanya sebentar. Kami adalah grup terakhir yang dijemput kapal sore itu, kami bersyukur dapat sampai di dermaga sebelum gelap. Hasil dari kenekatan hari ini adalah duit yang terkuras habis, dan fisik yang hancur-hancuran. Kami mencari makan di Malang dan baru tiba di Gresik sekitar setengah 12 malam, padahal saya harus masuk jam 7 esok harinya. Betis terasa pegal, dan masih terasa sampai 3 hari kedepan. Sedangkan kaki saya lecet lumayan parah sehingga selama seminggu saya tidak pakai sepatu ke kantor L Tapi itu terbayar lah dengan pengalaman yang didapat!

Kesimpulannya, saya mau ke Pulau Sempu lagi hanya jika musim kemarau dan kita menginap semalam disana. Jika tidak, rasanya kami mengulangi kesalahan yang sama dua kali!

RINCIAN SINGKAT PERJALANAN

-          Sewa Sepatu Karet : 15 ribu
-          Membeli Kaos Kaki

TIPS
      - Pergi dalam grup, namun jangan terlalu banyak agar tidak membuang waktu perjalanan
-         - Pergi saat musim kemarau, atau saat tanah kering dan tidak berlumpur
-         Pakai Tour Guide jika tidak familiar dengan rute
-         Sewa Sepatu Karet jika jalan berlumpur. 15 ribu tidak berarti bila dibandingkan sepatu/kaki yang rusak
-         Sedia air minum. Disarankan 1,5 L per orang untuk perjalanan pulang pergi (tidak menginap)
      - Berangkat pagi-pagi atau menginap, agar dapat menikmati pemandangan pantai

Let's find another place to get lost!