Alat Tempur MPASI Nara


Saat anak mulai makan adalah saat-saat paling memusingkan sekaligus menyenangkan. Rasa excited ketika searching dan membeli peralatan MPASI menyamai saat excited ketika membeli perlengkapan bayi. Saya mulai browsing-browsing tentang peralatan MPASI sejak Nara berusia 4 bulan, cukup lama ya :) Berikut ini adalah hasil perburuan peralatan MPASI saya, sekaligus review penggunaannya selama sebulan terakhir.


Sneak peek peralatan tempur

Peralatan Membuat MPASI
1. Babysafe Babyfood Maker (Steam & Blender)

Sebenarnya alat ini tidak terlalu diperlukan, karena sudah ada panci kukus dan blender dirumah. Tapi karena saya working mom, maka mengeluarkan sedikit uang untuk mempermudah kehidupan (baca: lebih praktis, hemat tempat, dan lebih sedikit cucian) saya legalkan. Saya menggunakan ini SETIAP HARI saat menyiapkan makanan Nara. Bahan makanan saya potong kecil2, kemudian steam dan blender. Praktis! Untuk awal2, setelah diblender makanan itu masih disaring dulu, tapi setelah 2 minggu Nara sudah bisa makan dengan tekstur hasil blender, jadi lebih praktis. Untuk produk sejenis, sebenarnya saya naksir Philips Avent Wasabi, tapi akhirnya beli ini karena jauh lebih murah (fungsi sama) dan terpakai hanya beberapa bulan, sayang kalau beli yang mahal.


2. Pigeon Baby Food Maker

Peralatan ini adalah hasil pemberian, jadi ya saya manfaatkan saja. Dari semua fungsi, yang paling terpakai adalah saringan, perasan jeruk dan mangkuk besarnya. Ini juga lumayan praktis karena saringan, perasan, dan mangkuk besarnya ukurannya sama, jadi makanan tidak tumpah. Cucian pun berkurang karena tidak perlu menyaring di tempat lain kemudian ditaruh di piring makan. Peralatan Pigeon juga BPA free dan bisa ditaruh di kulkas/freezer, di microwave, maupun ditaruh di magic com untuk memanaskan makanan. Nara sudah makan 2 kali, jadi biasanya makan siangnya saya taruh di kulkas dulu, kemudian 15 menit sebelum makan siang dikeluarkan dan dimasukkan ke penghangat nasi/magic com supaya hangat. Kalau tidak beli ini juga tidak apa, cukup membeli saringan kawat saja.

3. Peralatan dapur yang beli baru: Panci, Sutil, Talenan, dan Pisau
Ini juga sebenarnya sudah ada di dapur, tapi saya membeli yang baru khusus untuk Nara, supaya lebih bersih saja. Meski sudah ada Babysafe, tapi tetap butuh panci untuk merebus (kacang merah, kacang kapri, kacang hijau, dll), membuat bubur nasi (nasi putih dikasi air dan diaduk sampai menjadi bubur), dan memasak bahan makanan dari tepung gasol.

4. Baby Cubes (untuk menyimpan kaldu atau frozen food)
Saya membeli baby cubes yang 70ml. Awalnya untuk frozen food dan kaldu. Saya kurang suka karena kadang saat di-thaw (dari freezer dipindah ke kulkas), tutupnya sering terbuka. Saya juga belum pernah memakainya untuk frozen food karena selama ini Nara selalu memakai produk makanan yang fresh. Saya lebih memilih memotong buah kemudian membungkus dengan plastik wrap ketimbang membekukannya.

5. Botol BKA bekas ASIP
Saat masuk kerja, saya punya sekitar 60 botol stok ASIP yang tersimpan dalam botol BKA. Stok itu lama-kelamaan habis dan berganti dengan ASIP dalam kantung yang terkumpul saat saya bepergian (karena lebih mudah dan ringan menyimpan ASIP dalam kantung saat bepergian). Melihat banyak botol BKA nganggur, saya pun berinisiatif menjadikannya tempat kaldu. Jadi tidak perlu sering-sering buat kaldu. Oh ya, meski botol BKA tahan berkali-kali cuci pakai untuk ASIP, tapi ketika saya menyimpan kaldu di freezer, sudah 3 botol BKA yang pecah ketika ditaruh di kulkas. Mungkin karena kaldu ketika dimasukkan botol dalam keadaan hangat (tidak dingin karena kalau dingin dia nggendal).

Peralatan Makan
1. Brothermax Weaning Bowl

Ini banyak direkomendasikan di blog karena terdapat lubang yang membuatnya mudah dipegang. Kemudian terdapat mangkuk separator untuk menaruh 2 jenis makanan. Ini sangat berguna karena Nara lebih suka karbo dan sayurnya terpisah. Kalaupun sedang ingin dicampur, separator ini bisa dilepas dengan mudah. Peralatan makan ini juga dilengkapi oleh 2 sendok kecil, namun menurut saya sendoknya terlalu pendek meski masih ok jika dipakai travelling.

2. Tupperware Set Tiwi Tods

Tempat makan dan sendoknya sangat berguna. Tempat snacknya juga terpakai untuk menaruh snack yang panjang (misal Heinz Biscotti) agar tidak remuk.

3. Sendok makan
Saya tidak membeli sendok khusus. Tapi dari sendok bawaan Pigeon, Brothermax dan Tupperware, paling enak dipakai sendok dari Tupperware. Sendok pigeon terlalu kecil untuk Nara sang monster makanan, tapi terpakai di awal2 MPASI.

4. Slaber/Bib/Celemek
Sebenarya paling ideal mungkin celemek yang terbuat dari bahan plastik yang berkantong, jadi makanan tumpah otomatis masuk ke kantong, dan bahan plastik mudah dicuci. Tapi ini tidak berlaku di Nara karena dia malah menggigit2 celemek plastiknya. Jadi untuk Nara saya lebih suka pakai celemek kain konvensional. Makanan yang tumpah akan menempel di celemek (jadi tidak jatuh) dan celemek ini menyerap air (Nara nggak bisa minum pakai sippy cup, jadi air putih disendokin atau pakai gelas). Minusnya: Mencucinya susah karena lengket2 :)

5. Gelas minum
Saya sudah mencoba sippy cup merek Tommee Tippee dan Pigeon, tapi Nara nggak bisa minumnya. Pakai dot juga dia nggak suka, karena ekspektasi dia isinya ASI. Hehehe iseng-iseng saya beli Doidy cup, eh ternyata Nara suka! Jadi Doidy cup ini kayak gelas plastik biasa, tapi atasnya ada rongga jadi kalau minum, hidung bayi nggak tertutup gelas. Sejak awal sampai sekarang, kami pakai ini deh :)

6. High Chair

Senang sekali kalau kado lahiran sesuai kebutuhan ya. Kami dapat High chair merek Mastela: Feeding Booster Chair. Ini high chair yang bisa dilipat dan ditaruh di kursi. Sebulan ini Nara 90% makan di kursi ini. Hanya kadang2 saja saat makan buah dia sambil main. Kursi ini saya rasa cukup sturdy dan nyaman, meski karena Nara super aktif, kadang kursi jadi miring karena setelannya bergeser. Tapi ini masih jauh lebih baik ketimbang baby chair yang goyang-goyang. 

Nah itu, pembahasan singkat peralatan MPASI Nara. Ternyata tidak perlu terlalu ribet ya untuk menyiapkan MPASI. Nanti ketika Nara 7 bulan, saya ingin membuat makanan dengan Slow Cooker Takahi. Wish me luck ya! :)

Komentar