Praktek Pengenalan Matematika untuk Anak 1-2 tahun (Part 3)

Tidak terasa, sudah cukup banyak juga ya praktek pengenalan matematika yang sudah diterapkan kepada Nara. Mixed feeling rasanya, tahu ini menjadi postingan terakhir dalam seri ini :).



Materi 4: "CLASSIFYING & SORTING"
Lanjutan materi "Mengenalkan Matematika Logis pada Anak". Berdasarkan urutan, kemampuan dasar matematika Nara yg ingin dicek dan dikenalkan adalah Classifying and Sorting.

a. CLASSIFYING
Perjalanan ke Surabaya kemarin macet banget. Biar ga bosan, saya minta Nara untuk menunjukkan nama2 kendaraan yg dia lihat. Nara sudah bisa membedakan:
Mobil: Taksi, ambulance, mobil polisi, mobil box, mobil bak.
Truk: Truk tangki, truk tangki air, truk sampah. Nara masih bingung dengan truk kontainer, dia nyebutnya Truk Box (terinspirasi dari Mobil Box kayaknya). Truk semen juga masi disebut truk tangki.
Alat Berat: Nara baru bisa bilang dan menunjukkan Excavator. Memang agak susah krn warnanya kuning semua (yang udah dikenalin: Buldozer, Katrol, Dump Truck, Forklift dan Paku Bumi). Gpp Nara, Bapakmu aja masih ketuker2 koq :D

b. SORTING
Kegiatan 1
Ketika main di Kidzoona, Nara sudah bisa mengambil buah/sayur yang diminta mama dari tumpukan acak adut. Tapi kalau misal diminta "ayo paprikanya ditaruh di tempat paprika", dia belum bisa. Entah belum ngerti entah ga konsen denger instruksi mama.

Belajar classifying sambil bermain

Kegiatan 2
Saya mencoba beli mainan edukasi ala Montessori: Pompom warna warni, Kancing Besar, dan Mangkuk. Ternyata murah lho mainan gini, malah bingung nambah apa supaya dapet free ongkir di Shopee. Hahaha. Ternyata, Nara sangat excited dengan mainan barunya ini. Rencana awal, alat bantu ini akan digunakan untuk mengenalkan Nara ke warna sekaligus bermain dengan matematika (sorting). Jadi kancing dimasukkan ke mangkuk dengan warna yang sama. Apa daya Nara belum mengerti warna dan nggak mau main ala mamanya. Dia sudah punya rencana sendiri: Memisahkan pompom dan kancing di mangkok yang berbeda. Masih termasuk sorting walau sederhana.
Sorting sederhana ala Nara: Membedakan Kancing dan Pompom

Kesimpulan: Classifying & Sorting sudah bisa diterapkan ke anak 18 bulan dengan cukup baik. Tinggal kita pintar-pintar memilih aktivitas yang cocok.

Materi 5: "PATTERN"
The unexpected activity
Nara tiba-tiba berlari membawa kotak kemudian berteriak "Mama..Mama..PETROKIMIA". Alhasil saya ngakak terpingkal-pingkal sambil heran, koq anak ini bisa tahu? Kemudian dia bilang "Ini kayak di bis Petro ini..". Oh ternyata dia mengenali pola di kotak sama dengan pola di bis perusahaan saya. Kemudian dia menunjuk logo perusahaan di kiri atas kotak "Ini kayak di baju (seragam) mama ini". Kemudian menunjuk ke luar kamar "Ndek situ (Di sana) juga ada ini".. Saya pun penasaran dan meminta Nara menunjukkan, ternyata yang dia maksud adalah logo perusahaan di kalender dinding! Ada 2 logo dan dia menunjukkan keduanya. Wow. Jeli sekali anak kecil ini.. Padahal kalendernya tinggi di dinding dan logonya kecil.

Logo di kotak sama dengan logo di kalender, seragam, dan bis mama Nara

How to teach pattern to preschoolers? 
Ada beberapa kegiatan yang saya siapkan untuk Nara belajar pattern:

Kegiatan 1
Baca buku "The Very Hungry Caterpillar" by Eric Carle (no 1 di Amazon utk kategori kids book).
Bukunya keren banget buat ngenalin anak matematika:
-Ada time: siang-malam dan nama hari (sekalian ngajarin Nara lagu baru tentang hari, krn anaknya tiap hari nanya ini hari apa)
-Ada counting
-Ada logic
-Ada siklus telur-ulat kecil-ulat gendut-kepompong-kupu2. Nara suka banget dan langsung hafal! Saya udah siapkan printables siklus hewan2, tapi kata Nara "Bosan mama, bosaaaaan sekali...Simpen aja, baca buku aja..". Hihihi, lupa kalau bocah ini baru 1,5 tahun. mamanya terlalu semangatt.

Siklus kupu-kupu, ulat, dan bunga matahari yang saya siapkan

Kegiatan 2
Saya menggunakan mobil-mobilan yang bergerak mengikuti pola track. Dasar Nara ga suka mobil2an, cuma diliat sekali habis itu sibuk ambil mobilnya. Ujung2nya mobil disembunyiin minta mama nyari. Si usil pakai acting "Mana ya mama mobilnya?".

Kegiatan 3
The most fun way to teach pattern adalah........Tepuk Kardus dan Tepuk Tangan! Ini nggak sengaja. Pas liat kerdus saya iseng bikin pattern: Tepuk kardus - Tepuk tangan, diulang 3x. Eh Nara langsung tertarik "Lagi mama, lagi" trus dia cobain. Belum berhasil sih, susah ternyata buat Nara, tapi dia tertarik main ini lumayan lama. Yaudah kedepan kita banyakin main musik2an gini ya Nara.

Kesimpulan: Saya kira akan susah mengajarkan pattern secara sederhana. Ternyata tidak. Nara pun bisa mengikuti. Math is fun! Math is around us!

Materi 6: "PROBLEM SOLVING AND REASONING"
a. PROBLEM SOLVING
Waktunya main puzzle sama Nara. Karena puzzle kayu yg sebelumnya terlalu susah buat Nara, jadi saya belikan puzzle yang jika dilepas masih ada gambarnya, jadi dia mudah memasangkannya. Nara sudah bisa mencocokkan gambar dan menyebutkan nama buahnya, tapi untuk mengepaskan bentuk puzzle dia belum mahir. But it still a big step, karena dia sebelumnya sama sekali nggak tertarik puzzle. Nggak sabar nunggu momen Nara main lego.
Puzzle sebagai salah satu bentuk problem solving

b. REASONING
Saya amati, makin banyak kosakatanya, makin berkembang pula pemikirannya. Sewaktu kita membaca buku tentang pertanian dan ada gambar sapi makan jerami, Nara bertanya: "Sapi makan jerami ya, bukan rumput ya? Sapinya di buku makan jerami." I'm utterly impressed with this 1,5 y/o logic!
Membaca buku dan mendiskusikannya, sebuah cara melatih reasoning

Tidak terasa ternyata praktek pengenalan matematika untuk anak usia 1-2 tahun ini berlangsung sangat mudah dan menyenangkan. Nara berusia sekitar 19 bulan saat foto dan kegiatan ini berlangsung. Memang benar, children learn through play. Bermain bukan antitesis dari belajar! :)

#RuangBerkaryaIbu 
#IbuProfesional 
#MandiriBerkaryaPercayaDiriTercipta 
#KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu
#Proyek2RBI
#Day28

#ILoveMath
#MathAroundUs
#BintangKeluarga

Komentar