Milestone Aruna 16 bulan


Tidak terasa Aruna sekarang berusia 16 bulan. Karena berbicaranya agak terlambat, kami harus lebih memperhatikan kemampuan lainnya. Mumpung saya ada waktu, saya mencoba mengkompilasi tahap tumbuh kembang Aruna di usia 16 bulan ini.

Aruna dan gayanya

ASPEK KOGNITIF (Kemampuan berpikir dan memecahkan masalah)
Aruna bisa menyusun knobless cyliner isi 5 tanpa bantuan, terkadang malah dia sudah bisa mengira-ngira besar kecil lubang dan knob sehingga langsung berhasil pada percobaan pertama. Sedikit berbeda dengan donat ring, dia bisa mamasukkannya kedalam kerucut segitiga, namun belum paham mengenai besar kecilnya lubang donat, sehingga hasil akhir tidak beraturan.

Aruna juga bisa memasukkan kancing besar kedalam "celengan", meski jika posisi lubang dirubah, dia agak kesulitan menyesuaikannya. Aruna juga bisa memasang Lego Duplo menjadi tinggi tanpa bantuaan, meski terkadang agak frustasi ketika Legonya rubuh ketika belum panjang.

Aruna bisa minum dengan lancar baik dengan gelas, dot, maupun sedotan. Sejak usia 10 bulan, Aruna mau makan lebih banyak jika dia makan sendiri. Di usia 16 bulan ini, Aruna cukup mahir menggunakan sendok dan garpu, meski terkadang dia lebih suka makan pakai tangan.

Aruna suka bermain dengan remote TV maupun AC, membuka tutup baterainya dan memasang tutup baterai kembali. Namun, Aruna masih perlu latihan dalam membuka dan menutup tutup botol.

Aruna makan sendiri

ASPEK PSIKOMOTOR
Alhamdulillah Aruna sudah lancar berjalan, berjalan sambil tangan membawa barang, berjalan mundur, dan berjalan ke samping. Aruna sudah bisa menendang bola, melempar dan menangkap bola. Dia juga suka memanjat apa saja dan keseimbangannya cukup baik. Aspek motorik Aruna memang cukup unggul bila dibandingkan dengan anak seusianya. Aruna sudah bisa berjalan dengan baik umur 11 bulan.

Aruna juga sudah bisa menjumput (mengambil snack kecil) dan memasukkan ke mulut, menggunakan sendok untuk makan (meski belum sempurna), dan memakai garpu untuk makan bakso. Aruna bisa memegang pensil, crayon, maupun kuas untuk menggambar/melukis. Dia juga bisa merobek kertas dan meremas barang.

Aruna sudah melewati fase melempar, namun dia belum bisa melatih kekuatan memukulnya, sehingga jika memanggil orang, masih memukul dengan kencang.

Aruna tertarik pada suara/musik, dia akan menari jika mendengar musik. Jika awalnya hanya menggerakkan tangan dan kepala, sekarang Aruna juga menggerakkan kaki jika menari. Aruna bisa bertepuk tangan mengikuti lagu dan menekan banyak tuts di piano.

Aruna hobi memanjat

ASPEK BICARA DAN BAHASA
Pada usia 15 bulan, Aruna jarang babbling dan berbicara, terkadang dia bisa memanggil "mama" namun tidak spesifik (kadang-kadang).

Pada usia 16 bulan, setelah semua orang melatihnya berbicara dengan intensif, Aruna mulai banyak babbling dan berbicara.
Kata-kata yang cukup jelas: Mama, Babak (Bapak), Ak (jika meminta makan), Nak (jika ditanya enak nggak), Da! (Dor! Saat menyanyi balonku). Meski belum ada kata berarti, yang penting dia sudah mencoba berbicara.

Bahasa tubuh Aruna sangat bagus serta memahami instruksi dengan sangat baik.:
- Aruna bisa menggeleng jika tidak mau, dan mengangguk jika mengiyakan
- Aruna menunjuk dan bersuara "euh" saat meminta sesuatu
- Aruna mengambil sepatu jika ingin diajak jalan. Dia juga bisa mengambil sepatu jika diminta.
- Aruna bisa menaruh popok di tempat sampah (dengan membuka tutupnya dulu), menaruh baju kotor di ember (dengan membuka tutup ember dahulu), menaruh piring dan sendok makan ke wastafel.

Untuk kemampuan berbahasa, Aruna mulai bisa menunjuk nama-nama benda di buku dengan benar. Dia juga bisa menunjuk anggota tubuh dan nama anggota keluarga dengan benar, maupun kombinasi keduanya, misal: rambut mama, hidung bapak, dll.

Stimulasi bicara Aruna adalah tugas besar kami. Aruna saat ini distimulasi dengan dibacakan buku dengan gambar asli dan dites kemampuannya dalam mengenali benda disekitar (minimal setengah jam setiap hari), diajak jalan keliling komplek setiap pagi dan sore sambil ditunjukkan nama-nama benda, latihan meniup peluit, meraba beragam tekstur (dari buku touch n feel), bernyanyi dan menari. Semoga saat usia 2 tahun banyak perkembangan di aspek ini amiin.

Aruna jago meniup peluit
ASPEK SOSIALISASI
Aruna menunjukkan kewaspadaan terhadap orang yang baru pertama ditemui, namun menunjukkan keakraban kepada orang-orang yang mulai dikenalnya. Aruna mau salim kepada semua orang baru yang ditemui. Dia juga melambaikan tangan (dadah) dan kissbye ketika akan berpisah dengan orang. Aruna menunjukkan kesedihan jika orang terdekatnya akan pergi

Jika bermain, Aruna akan mempertahankan mainan yang dipegangnya dan tidak ingin berbagi, wajar karena dia sedang belajar kepemilikan. Dia akan memberikan mainan yang dipegangnya jika ada mainan lain yang lebih menarik diberikan.

Aruna suka memakai topi
---------
Alhamdulillah, kemampuan Aruna insya Allah sudah sesuai dengan usianya. Peernya kami harus terus melatih kemampuan bicara dan bahasanya dengan intensif sehingga pada usia 2 tahun dia sudah bisa berbicara lebih banyak dan mulai merangkai kata.

Banyak orang merasa saya lebay karena banyak membaca dan mengkhawatirkan kemungkinan speech delay Aruna, padahal usianya baru 16 bulan. Namun saya lebih baik overprepared ketimbang underprepared dan menyesal. Beberapa catatan tentang speech delay saya rangkum disini.

Komentar