Belanja Barang Kebutuhan Bayi - (2) Cara menentukan Barang yang Dibeli (Kualitas, Merek, Harga, Beli dimana)


Nah setelah membuat list, langkah selanjutnya adalah menentukan mau beli barang dengan harga berapa? Saat hamil, saya bekerja full time dan juga harus mengurusi usaha cafe, jadi waktu luang saya tidak terlalu banyak. Kemudian konstrain selanjutnya, saya tinggal di kota kecil, sehingga untuk membeli barang dengan kualitas agak bagus saya butuh ke kota terdekat (Surabaya) yang praktis hanya bisa dilakukan di hari sabtu dan minggu.

Solusinya? Karena dirumah saya kebetulan ada internet yang cukup kencang, jadi saya banyak-banyak riset terlebih dahulu tentang merek, harga, dan kualitas setiap item.

Di postingan saya yang sebelumnya, saya telah me-list barang-barang apa saja yang akan saya beli. Peer selanjutnya adalah menentukan MEREK barang yang akan dibeli. Jujur saja pengetahuan saya masih nol untuk soal ini, maka saya banyak-banyak searching dan bertanya. Terutama untuk barang-barang bayi yang mahal dan terus dipakai seperti stroller, tentu tidak ingin salah beli bukan :)

Saat menentukan produk yang dibeli, kira-kira urutan saya seperti ini:

1. Kualitas barang
Karena kulit bayi lebih sensitif, tentunya saya tidak ingin merusaknya dengan menggunakan produk yang asal-asalan. Tapi saya juga tidak terlalu berlebihan saat memilihnya, misalnya harus memberi produk super premium untuk bayi saya. Yang penting memenuhi standar kesehatan dan harganya cocok, I'll go for that!

Tips:
- Untuk baju bayi, pilih yang telah terstandar SNI. Kalau saya sih, coba dari berbagai merek supaya tidak bosan, tapi yang pasti harus ada standar SNI :)
- Pakai produk khusus bayi. Ternyata untuk detergen dan sabun cuci (untuk botol dan dot), ada produk khusus bayi lho! Saya sih tidak terlalu ambil pusing dengan merek, yang penting khusus bayi.
- Coba beberapa produk. Bayi itu cocok-cocokan ya. Misalnya untuk diapers dan dot, belum tentu produk dengan kualitas terbaik cocok dengan bayi kita. Jadi harus coba-coba :)

2. Merek
Prioritas pertama saya adalah kualitas, tentu merek mengikuti, Misalnya untuk pakaian bayi, contoh merek yang ber-SNI adalah Velvet Junior, Nova, Libby, Nasuka, dan lain-lain. Jadi nggak harus semua barang Mothercare :) Baju-baju Mothercarenya si tole semua hasil kado koq. Hehehe. Sebagai pengingat, saya cantumkan merek-merek hasil googling-an saya di excel. Sangat mempermudah sewaktu belanja di toko, jadi pilihannya lebih mengerucut. Hehehe.

3. Harga dan Beli dimana
Meskipun itemnya persis sama, tapi di setiap toko harganya berbeda. Untuk baju sehari-hari, ada yang saya beli di baby shop, ada juga yang di ITC. Jadi dikombinasi aja, suka-sukaan, karena harganya tidak terlalu jauh berbeda. Lain halnya dengan peralatan elektronik seperti breast pump. Saya risetnya agak niat karena beda harga di baby shop dan online sampai ratusan ribu. Nah untuk produk seperti ini saya banding-bandingkan dulu harganya. Hehehe. Daftar di excel sangat membantu dalam hal ini.

Total biaya kebutuhan bayi?
Hampir 8 juta, sudah termasuk stroller, 1 breastpump elektrik, dan 1 breastpump manual. Masih dibawah budget 10 juta. Makanya saya pakai untuk beli carseat dan ditabung untuk beli diaper. Hehehe. Perlengkapan bayi itu mahal ya :)

Komentar