MPASI Aruna - Berat Badan Stagnan dan Interfensi Susu Tinggi Kalori

Ingin meniatkan untuk sharing MPASI Aruna, mudah-mudahan bisa lebih konsisten bercerita dan nulis di blog dengan adanya topik ini. Saat ini ditulis, Aruna berusia 7 bulan dengan BB 6,5 kg. Sebenarnya terlihat cukup normal, namun beratnya tidak naik dalam 3 bulan terakhir. DSA kemudian menyarankan susu tinggi kalori.


Kenapa Susu Tinggi Kalori?
Penyebab anak dibawah 1 tahun memiliki BB stagnan yang paling umum adalah ADB (Anemia Defisiensi Besi), ISK (Infeksi Saluran Kencing) dan TBC. Karena Aruna tidak memiliki ciri-ciri ISK dan TBC, yang mungkin adalah ADB. Itu pun pasti kadarnya tidak parah, karena sehari-hari anaknya sangat aktif. DSA sudah meresepkan suplemen zat besi, hanya saja, Aruna masih sering sembelit. Jadi disarankan menyelesaikan sembelitnya dulu baru konsumsi suplemen.

Selain itu, butuh interfensi untuk BB Aruna yang stagnan sudah 3 bulan. Ditakutkan akan mempengaruhi tumbuh kembang kedepannya. Cara menambah BB anak adalah konsumsi makanan tinggi kalori. 1 gram lemak mengandung 9 kalori, sedangkan 1 gram protein maupun 1 gram karbohidrat masing-masing mengandung 4 kalori. Masalahnya, makan Aruna pun sedikit, sehingga ditakutkan kalori yang dikonsumsi kurang, maka dapat dibantu dengan susu tinggi kalori.

Memang berapa kalori yang dibutuhkan per hari?
Sumber disini

Kurang lebih target Aruna di 7 bulan ini 7,7 kg. Sudah tertinggal hampir 1 kg hiks. Untuk anak usia 7 bulan, 70% kalori seharusnya tercukupi dari ASI, nah yang 30% nya ini dari MPASI.

ASI mengandung sekitar 67 kkal per 100 ml. ASI dapat memenuhi 70% kebutuhan bayi. Untuk usia 7 bulan, ASI yang dibutuhkan sekitar 700 ml. Jika ditinggal kerja, Aruna dapat menghabiskan sekitar 5 botol ASIP. Belum termasuk nenen langsung ketika malam sampai subuh. Jadi insya Allah kebutuhan kalori dari ASI sudah cukup.

Nah 30% dari MPASI ini dari angka 608 kalori itu ternyata sebesar 182.4 kkal. Ini yang tidak terpenuhi karena makannya Aruna cimit-cimit banget. DSA merekomendasikan susu penambah kalori. Terdapat 2 jenis susu tinggi kalori yang disarankan: antara SGM Gain 74 dan Infantrini. SGM Gain 74 mengandung 74 kkal per 100ml susu, sedangkan Infantrini mengandung 100 kkal per 100ml susu. Saran DSA, untuk bulan pertama ini, dicoba SGM Gain 74 dulu, karena interfensi penambahan kalori baiknya bertahap. Jika ketika 8 bulan sedikit kemajuan, dapat diberikan Infantrini.

Bagaimana cara pemberian susu tinggi kalori?
Aruna masih full ASI. Jika anak mengkonsumsi sufor, 2-3 minum dapat diganti dengan susu tinggi kalori ini. Namun karena Aruna full ASI, susu tinggi kalori ini dimasukkan sebagai tambahan dalam makanannya. Memang vitamin akan rusak jika dimasak, tapi kalori tidak, namun kita hanya mengincar kalorinya saja karena vitamin telah didapatkan dari ASI dan MPASI. Untuk mengakalinya, saya mencampur 1 sendok takar susu dengan sedikit air hangat, kemudian dicampurkan sebagai pengencer makanan. Karena Aruna masih 7 bulan, jadi memang tekstur makanannya masih bubur kental.

Semoga di bulan 8 nanti kenaikan BB Aruna minimal 300 gram. Ayo semangat makan Aruna!

Komentar

  1. Salam bunda aruna..gimana kabar n bb anaknya skrg?
    Saya bru saja dpt rekomndasi sgm gain 74 ni buat anak krn bb kurang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mom! Sekarang 13 bulan 8,9 kg mom. Dulu caranya macam-macam untuk ningkatin BB, susu tinggi kalori ini salah satu pendukungnya. Kalau dari makanan bisa menambahkan lemak tambahan (misal unsalted butter, minyak kelapa atau olive oil) atau keju. Lauknya didobel protein hewaninya. Kemudian Aruna juga saya kasih telur puyuh 3-5 butir perhari. Meski makannya dikit yang penting tinggi kalori jadi BB nya naik terus :). Semoga membantu mom..

      Hapus
  2. Hi mom.. Aruna nafsu makannya gimana? Baikkah? Anak saya susah makannya. Udah di coba cara ini itu tetep aja g ada hasil. Dulu awal MPASI sih doyan banget makannya. Sekarang udah masuk 9 bulan udah mulai sering GTM. Sufor pun g doyan. Alhasil udah beberapa bulan ini bukan makin nambah malah semakin turun BBnya. PR besar banget saya mom, biar bisa doyan makan lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mom, Aruna makannya standar aja.. Sudah seperti orang gede, kalau lauknya suka, makan banyak sampe nambah2 (misalnya bakso, sop buntut, soto), kalau lagi males makan ya mingkem. Tapi dia sudah 1,5 tahun, sudah tau lapar, jadi kalau misal pagi makannya sedikit, siang makannya banyak.

      Usia 9 bulan Aruna juga GTM mom, mungkin dicari dia sukanya makanan yang gimana, berkuah kah, dipisah bubur sama lauk kah, ada bumbu2 yang dia nggak suka, maunya disuapin pakai tangan, etc. Atau bisa juga krn tumbuh gigi. Oiya Aruna dulu jadi mau makan kalau dia makan sendiri dan ternyata dia minta naik tekstur. Jadi usia 10 bulan dia sudah makan nasi putih biasa, kadang pakai tangan dia sendiri, kadang dia mau pakai sendok. Sampai sekarang 1,5th dia maunya makan sendiri. Semangat mom!

      Hapus
  3. Pake susu sgm gain74 babnya hijau gk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak saya tidak mom. Kalau BAB hijau mungkin ada alergi produk turunan susu sapi, bisa dikonsulkan ke dokter.

      Hapus
  4. Mam, anakku jg ada masalah bb mam. Dia 9 bulan tp bb nya sekarang 5,6๐Ÿ˜ญ karna dia sakit demam diare tumgi juga jd nafsu makanpun berkurang alhasil merosot banget bbnya. Aq disaranin pake sgm gain juga, ini baru seminggu, tp masyaAlloh dia susah bgt mimi sufornya,dari dot dia g mau, pake sendok disembur sembur bahkan sampe nangis kejer klo aq mau ngasih sufornya..
    Adakah solusi mam?

    Oya mam, btw berapa lama si hasilnya bisa keliatan setelah anak konsumsi sufor sgm gain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat mam.. Bismillah semoga segera bisa ngejar BB nya ya :). Mama masih ASI? Sambil dikejar kualitas ASInya juga mam, misal makan makanan2 yg bikin ASI kental. Sama makannya adek dibuat tinggi lemak dan protein, supaya meski masuknya dikit, yang jadi daging banyak.

      Saya dulu SGM Gain nya buat nambah2 kalori, makanannya saya bikin tinggi lemak dan protein juga, sama saya kasih minyak ikan. Jadi nggak yakin nambah BBnya kalau dari SGM Gain bisa sampai brp kg :)

      Hapus
    2. Anak saya juga minum SGM gaun karena kenaikan BB nya seret. Alhamdulillah dalam 1 bulan bisa naik 1400 gram. Tapi tetep masih asi. SGM gain sebagai pendamping. Semangat ya mom

      Hapus
    3. Bun itu lw anak full sufor minum sgm gain nya apa sprti mnum susu biasanya... Setiap 2 atw 3 jm sekali

      Hapus
    4. Itu sehari minum susu berapa kali mom? Sekali minum berapa ml?

      Hapus
    5. Hai mom, pemberian sgm gain nya sehari brp ml ya mom ?

      Hapus
    6. Anak saya BBnya jg seret bin, klo minum susu SGM gain harus Konsul ke DSA ya?

      Hapus
  5. sgm 74 nya yg presinutri apa yg complinutri bun?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf ndak ingat bun.. Sepertinya tiap tahun nama nya beda ya :)

      Hapus
  6. Bismillaah
    Sgm gain 74 boleh dcampur bubur isntan atau buburp homemade ya bun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung rasa mungkin ya bun, krn ini tambahan saja. Kalau bubur homemadenya rasanya asin mungkin kurang cocok

      Hapus
  7. hai mom salam kenal
    mau tanya sgm gain kan untuk 0-12bln klo untuk 13 bisa ga ya? udah 3bln bb anak saya tidak naik. sekrang lg minum pediasure complite tp harganya kaan๐Ÿ˜ฏ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin bisa di konsulkan ke DSAnya mam. Ini saran DSA saya. Iya harga susu booster BB lumayan ya mam..

      Hapus
    2. Untuk 1-5 tahun ada SGM ekspor gain optigrow Bunda. 100kcal / 100 ml

      Hapus
    3. Susu nya harus rekomendasi DSA mom gak boleh dikonsumsi sembarangan

      Hapus
  8. mam , gimana cara menyelesaikan masalah sembelitnya aruna dulu mam ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu awal2 MPASI dulu saya kasih lemak tambahan mom (butter atau EVOO) di makanannya. Makin besar, dia ga suka kalau makanannya dikasih lemak tambahan, jadi saya rutinkan probiotiknya mom. Kalau sudah 2 hari ndak pup, andalannya buah naga atau pepaya. Kalau dari air putih, Aruna sudah cukup banyak minumnya.

      Hapus
  9. Thx mom sharingnya ngebantu banget.. problemnya sama tapi Puji Tuhan anak masih doyan makan.. apalagi klo udh telat jam makan.. malah rewel.. kami pun jg galau.. krn dokter nyarankan langsung infantrini.. yg hrgnya mehong banget.. kami inisiatif pake sgm gain 74.. naik mom.. cuma memang agak sulit ngejar ke grafik normal.. yg pntg patokan saya KBM sih mom.. kasihan juga kalo dipaksa makan terus kayak sapi glonggong.. yg pntg emang porsi protein dijaga.. tiap ksh mpasi anak bnr2 aku timbang.. kasih butter sama vitamin tambahan sprt zat besi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul mam. Yang penting sesuai KMS, kasian kan kalau kapasitas lambungnya kecil tapi dipaksa makan banyak. Hehehe. Mom sudah betul koq, nutrisinya yang ditambah (double protein, kasih lemak tambahan). Vit zat besi ngefek ke kakaknya Aruna, kalau Aruna malah sembelit mom, jadi saya kasihnya nggak rutin.

      Hapus
  10. Kak kok aku lihat jumlah kalori sgm gain sm sgm yg biasa hampir sama ya kl yg gain per 100 ml nya 74 kkal. Sgm yg biasa untuk bayi usia 6-12 bulan per 200 ml nya 145 kkal. Mohon koreksi apa saya salah ๐Ÿ˜€

    BalasHapus
  11. Baru nemu blog ini, merasa sehati seperjuangan, sama banget bun dgn anakku, anakku cowo uda mau setaun bb stuck di angka 7, susah makan dan skarang gtm, gak mau disuapin pake tangan ato sendok, mauny makan sendiri itupun cuma doyan roti kue pisang, sedih banget selama mpasi harus berjuang tiap harinya untuk nyuapin,

    BalasHapus
  12. Halo mom mau nanya, minum susu sgm gain 74 ini sehari 2x memang seperti itu ya mom takarannya. Bangun tidur dan mau tidur. Terimakasih mkm

    BalasHapus

Posting Komentar

Thank you for reading this, your comments means a lot to me. For ASAP answer, you can poke me on my Instagram @vannyerliana :)