Asal nama Narayana

Selama 1 minggu setelah lahir, nama Nara belum ada. Jadi ketika periksa dokter, Nara dipanggil dengan “bayi nyonya Vanny”. Sebenarnya saya sudah menyiapkan beberapa nama untuk si tole, tapi papa Nara memilih untuk selektif dan tidak ingin salah pilih karena nama kan, untuk seumur hidup. Hehehe.

Jadi sistemnya, saya memilih beberapa nama kesukaan saya, kemudian papanya milih dari daftar itu. Kriteria saya adalah:
1. Artinya bagus
2. Bagus bila disebutkan
3. Tidak pasaran
4. Diutamakan nama Jawa/Sansekerta



Narayana bukan pilihan pertama saya. Ketika tahu Nara cowok, sebenarnya saya ingin menamainya Bumi. Karena bumi membawa kehidupan. Walaupun alasan sebenarnya, adalah jika anak pertama bumi, saya bisa menamai anak kedua langit (kalau cowo dipanggil langit, kalau cewek lala). Sehingga kalau ditanya orang lagi dimana, saya bisa menjawab: diantara bumi dan langit! (dangkal). Anak ketiga, saya ingin namanya semesta. Supaya keren aja, bumi - langit dan semesta mendukung. Tapi ide nama yang sangat spektakuler itu dicampakkan mentah-mentah oleh suami. Hahahahaha.

Setelah melihat-lihat daftar nama yang saya ajukan, dia tertarik dengan 2 nama:
Aletheia, artinya jujur (dari bahasa yunani).
Karena jaman sekarang banyak sekali orang pintar, namun sangat sedikit orang yang jujur. Kami berharap nanti ketika dia dihadapkan pada situasi harus berbohong, dengan mengingat doa orangtua, dia akan mengurungkan niatnya.

Nipuno artinya serbabisa atau skillfull (dari bahasa Jawa lama).
Untuk jadi orang yang berhasil di masa kini dan nanti, skill sangat penting. Kami berharap anak kami nanti menjadi orang yang ahli di berbagai bidang.

Butuh waktu 1 minggu untuk memantapkan kombinasi nama. Karena 2 nama sudah terpilih dan keduanya tidak cocok untuk nama depan, maka saya mengajukan Narayana (dari Noroyono, bahasa Jawa lama) untuk nama depannya. Dipanggil Nara, seperti tokoh favorit saya di novel yang saya suka sewaktu remaja. Arti harfiah Narayana adalah pemimpin yang mengayomi. Selain itu, dia juga nama kecil pangeran Kresna.

Maka dari itu nama anak kami menjadi:

NARAYANA ALETHEIA MAHANIPUNA

Semoga menjadi pemimpin yang mengayomi, jujur, dan sangat skillful seperti doa kami untukmu ya nak!

Komentar