Derawan Islands: Berau's Hidden Paradise (Day 1&2)

Pertama kali saya mengenal Derawan adalah ketika melihat liputan di majalah Lion Air. Menurut majalah tersebut, Derawan merupakan sebuah potensi wisata baru di Kab Berau yang terus berbenah untuk meningkatkan kualitasnya, semenjak kepemimpinan Bupati Berau H. Makmur. Sebelum overexploited dan harganya melambung, saat itu saya hanya terpikir alangkah indahnya jika bisa ke Derawan pada 2012.

Obrolan santai bersama teman semasa kuliah kemudian membawa hasil. "Yuk Derawan Yuk" adalah slogan yang kami gunakan ketika mengirim email ke teman-teman kuliah yang dirasa memiliki ketertarikan travelling yang sama. Job Desc dibagikan, jadwal dicocokkan, pencarian travel agent dan survey harga tiket pun dilakukan. Saya se-excited itu dalam mencari info, dan mungkin agak kurang kerjaan, sehingga punya cukup banyak waktu untuk melampirkan perbedaan2 travel agent, perbandingan jalur+harga tiket pesawat, dan summary tentang Derawan di email. Alhamdulilah, tanggal 15-18 November pun dipilih. Kami berangkat! :)

Day 1 : Jakarta - Tarakan - Derawan - Maratua

First flight Jakarta-Tarakan berangkat pukul 5 pagi, dengan perjalanan sekitar 3 jam, yang kami habiskan dengan tidur :D Sampai disana, kami pun makan siang dan melanjutkan perjalanan dengan speedboat selama 3,5 jam menuju sebuah gusung didekat Derawan. Sebuah perjuangan yang cukup panjang yang (untungnya) worth it.

Suasana di Kapal

Gusung di Kep Derawan -- Indah sekali bukan?

Dari Gusung, kami menuju Derawan yang hanya berjarak kurang dari setengah jam. Ikan laut yang diambil dari perairan Derawan memiliki daging yang tebal, ditambah bumbu masakan yang pas, membuat kami ingin tambah lagi, dan lagi.

Nyammmmmm!

Derawan sendiri merupakan Pulau terbesar dan terpadat penduduk di Kep Derawan. Banyak penginapan dan homestay yang dikelola warga disini. Namun, kami tidak menginap disini, kami menginap di Maratua, pulau yang belum terlalu padat penduduknya, namun ada resor mewah yang berdiri disana. Kami menginap di homestay tentunya :D

Selamat datang di Maratua!

Day 2: Maratua - Nabucco - Maratua - Snorkeling Spot sekitar Maratua

Cuaca cukup buruk hari ini. Kami terpaksa menunggu hujan sedikit reda untuk mulai menjelajah Kep. Derawan. Akhirnya, setelah hampir pukul 10, kami meninggalkan Maratua. Seharusnya, jadwal pertama kami adalah Pulau Kakaban untuk melihat ubur-ubur tak berbisa. Namun karena terlalu siang, dikhawatirkan air Danau Kakaban sudah keruh sehingga diputuskan untuk mengunjungi P. Kakaban di hari ketiga. Kunjungan pertama hari ini: Pulau Nabucco!

Foto-foto itu wajib hukumnya

Resor di pulau Nabucco dimiliki oleh orang Jerman, sehingga kebanyakan yang menginap disana adalah turis mancanegara. Resornya tidak kalah dengan vila-vila di Maldives, dimana terdapat tangga dari resor ke laut :)

Selanjutnya, karena cuaca buruk, kami kembali dulu untuk makan siang di P. Maratua. Saat kami kembali, kami sempat mengalami ombak yang lebih tinggi dari speedboat kami. Air pun masuk dari jendela, membuat kami berhenti bercanda dan berdoa sepanjang perjalanan. Kata pengemudi speedboat, ombak yang tinggi ini disebabkan oleh pertemuan 2 ombak. Masih syukur speedboat kami tidak terbalik, seperti yang dialami oleh teman salah satu dari kami. Karena waktu luang cukup banyak, kami pun sempat berfoto di Maratua.

Resor di Maratua. Bagus ya?

Kami menghabiskan hari dengan snorkeling di beberapa spot disekitar pulau Maratua. Ombak yang cukup besar menyebabkan kami harus berenang dengan tenaga ekstra saat kembali ke kapal. Sangat disayangkan karena di Kep. Derawan ini, sempat dilakukan dynamite fishing, sehingga diantara terumbu karang yang cantik, kami harus menemukan beberapa spot berwarna putih akibat terumbu karang yang mati :(

Kami pun pulang menjelang Magrib, dan menghabiskan hari dengan makan seafood enak dan bercanda bersama. Oh ya, hari ini Nanda ulang tahun, kami memberikan kejutan kecil di pergantian hari ;)

Cake dari wafer ala kadarnya

Karena post ini sudah cukup panjang, cerita tentang hari ketiga dan keempat akan dilanjutkan di post selanjutnya :) Stay tuned!