Belanja Barang Kebutuhan Bayi - (1) Membuat daftar belanjaan


Kegiatan paling menyenangkan saat hamil selain melihat hasil USG bayi tentunya adalah saat-saat berbelanja. Karena barang-barang bayi itu lucu sekali saudara-saudara :) Yang kepikiran cuma belanja kebutuhan bayi saja, saya sampai lupa membeli baju-baju hamil sehingga bajunya itu-itu saja :)

Karena masih baru dalam hal ini, saya googling dulu untuk memastikan kalau yang saya beli adalah barang yang memang benar-benar dibutuhkan. Ini tips dan trik yang saya gunakan:

1. Kelompokkan barang kebutuhan bayi dalam secara luas
Ini untuk mempermudah kita saat mendata dan membeli perlengkapan bayi. Saya menggunakan kelompok besar sebagai berikut:
a. Pakaian Bayi
b. Perlengkapan Mandi Bayi
c. Perlengkapan Tidur Bayi
d. Perlengkapan Pergi Bayi
e. Perlengkapan Kesehatan Bayi
f. Perlengkapan Menyusui
g. Lain-Lain
h. Opsi Kado

2. Detailkan setiap pos dalam barang kebutuhan bayi tadi
Oh ya, kita bisa mencontek list dari internet, teman, maupun sepupu dan kemudian disesuaikan dengan kebutuhan kita. Misalnya saya sebagai ibu bekerja, tentu akan butuh perlengkapan menyusui lebih lengkap, seperti media pemberian ASIP, pompa elektrik, cooler bag, dan lain sebagainya, yang mungkin tidak terlalu dibutuhkan oleh IRT. Jika ingin mencontek list saya, kira-kira seperti ini:
a. Pakaian Bayi
- Jumper, atasan lengan panjang, atasan lengan pendek, atasan kutung, singlet, celana pendek, celana panjang, popok kain, sarung tangan, kaos kaki, bedong : Masing-masing 1/2 lusin.
- Topi Bayi : 3 buah
- Selimut Bayi : 2 buah

b. Perlengkapan Mandi Bayi
- Bak Mandi, washlap (3), perlak untuk ganti pakaian, handuk (3)
- Sabun bayi, shampoo bayi, minyak telon, lotion bayi, liquid talc (bedak cair), krim untuk diaper rash
- Gunting kuku, sisir bayi, kapas, tisu basah
- Disposable diaper (Popok sekali pakai)
- Underpad (Semacam pembalut bayi untuk dipakaikan ke popok kain bayi agar pup dan kencingnya tidak kemana-mana)

c. Perlengkapan Tidur Bayi
- Baby cot/baby box*
- Matras untuk baby cot/baby box beserta bantal dan guling
- Seprei, sarung bantal dan sarung guling (2)
- Bantal peyang
- Perlak besar jika bayi co-sleeping
- Perlak pangku
- Alas Ompol garis-garis
- Mainan yang bisa berputar dan ada lagunya agar bayi betah di box (opsional)

d. Perlengkapan Pergi Bayi
- Diaper bag*
- Gendongan bayi* (Saya berencana beli yang sling, kemudian untuk carrier berharap dari kado)
- Stroller

e. Perlengkapan Kesehatan Bayi
- Thermometer digital
- Kain Kassa
- Alkohol 70%
- Betadine
- Sedotan ingus
- Penutup mata saat bayi dijemur

f. Perlengkapan Menyusui
- Pompa ASI manual (untuk awal-awal)
- Pompa ASI elektrik (untuk di kantor). Saya menyewa 2-3 merek pompa elektrik dulu selama sebulan sebelum membelinya.
- Botol kaca / Kantung untuk penyimpanan ASIP
- Sikat Botol, Sabun cuci khusus botol bayi, Sterilizator
- Breast Pad
- Cup Feeder
- Dot (Tidak disarankan, tapi saya siap jika bayi kesulitan minum dengan media pemberian ASIP lain)
- Nipple Cream (Pilih yang aman untuk ditelan bayi)
- Tisu basah untuk mulut dan tangan bayi
- Bantal menyusui

g. Lain-Lain
- Gantungan jemuran untuk baju bayi (plus penjepit)
- Detergen bayi
- Korset ibu

h. Opsi Kado
Nah, daftar ini sangat penting jika bunda sekalian memiliki anak pertama. Karena banyaaak sekali yang akan bertanya : butuh dikado apa? Untuk item yang sifatnya bisa ditunda, ini adalah list kado saya:
- Babycot /  baby box (kakek dan nenek si tole mau nyumbang)
- Carseat (kakek dan nenek si tole mau nyumbang)
- Sterilizer (kakak ipar saya sudah dari jauh-jauh hari bilang mau nyumbang ini)
- Botol kaca ASIP, sebanyak-banyaknya (dapat sumbangan dari kakak ipar juga)
- Cooler Bag (sumbangan dari adik)
- Baju untuk usia 6 bulan keatas
- Perlengkapan MPASI
- Gendongan SSC (Soft Structure Carrier)
- Diaper Bag
- Disposable Diaper bayi (sebanyak-banyaknya, jangan lupa sebutkan merek yang cocok dipakai bayi)
- Perlengkapan Mandi (pasti akan banyak dikasih)
- Kebutuhan sekunder: Bouncer, Playmat, Softbook, Mainan bayi, dll

3. Buat Daftar lebih rinci dan Checklist dalam format Excel
Saya membuatnya dengan kolom sbb: Nama Barang - Jumlah - Harga - Merek - Beli di - Pembelian Final
Ini sangat mempermudah saya karena bisa mengcompare harga dan merek dari berbagai toko sehingga tidak kecewa saat membeli. Checklist juga membantu untuk mengecek barang mana yang belum dibeli.

Dari ketiga langkah diatas, jadinya seperti ini:


Semoga membantu! Jika ingin meminta format excelnya, bisa tinggalkan pesan dan akan saya emailkan :)

Komentar