USG 2D dan 4D, Apa Bedanya?


Setelah melakukan 2 kunjungan ke dokter kandungan yang keduanya menggunakan USG 2D, saya dan suami tertarik untuk mencoba USG 4D. Lokasi USG 4D ini dekat dengan rumah, dan dokter langganan praktek disini setiap hari senin-jumat jam 7-10 malam (bisa lebih tergantung jumlah pasien). Jadi lebih enak karena saya nggak harus bolak balik ijin ke atasan, apalagi dengan keikutsertaan perusahaan dalam program BPJS yang menambah waktu administrasi.

Kalau dari pengalaman saya, bedanya seperti ini:

USG 2D:
a. Bebas biaya karena dilakukan di Rumah Sakit dan termasuk dalam program BPJS (Maksimal 4 kali USG dalam 1 kali kehamilan)
b. Dekat kantor
c. Bisa daftar via telepon
d. Dilakukan pada jam kerja -- Harus ijin atasan
e. Hanya mendapatkan 1 foto kecil, penjelasan tertulis tidak terlalu banyak
f. Gambar tidak terlalu jelas (agak kabur)
g. Prinsipnya gambar di-capture. Jadi kalau misal men-zoom dan tidak pas, harus ulang dari awal
h. Warna hitam putih

Hasil USG 2D: Tidak terlalu jelas

USG 4D:
a. Membayar biaya 150 ribu untuk dokter, USG dan cetak foto (Sangat murah karena dilakukan di Faskes tingkat I perusahaan saya, jadi alatnya semacam "dipinjami"). Perlu menjadi catatan karena di tempat lain biayanya 4-5 kali lipat sehingga biaya perlu menjadi salah satu concern utama.
b. Dekat rumah
c. Tidak bisa daftar lewat telepon, jadi harus datang di pagi/sore hari untuk mendaftar, baru malamnya datang lagi untuk periksa. Biasanya suami yang mendaftarkan karena dia berangkat kerja lebih siang
d. Jam praktek malam hari -- Lebih fleksibel
e. Mendapatkan 6 foto yang dicetak dalam kertas foto seukuran A4 dan 1 halaman A4 berisi hasil USG janin (lebih detail)
f. Gambar lebih jelas dan detail, sehingga bisa mendeteksi kelainan dengan lebih akurat
g. Seperti video, bisa melihat pergerakan bayi. Selain itu, mudah untuk men-zoom dan melihat detail bayi (tinggal digeser)
h. Warna agak kuning

Hasil USG 4D: Lebih banyak foto dan lebih jelas

Keterangan Hasil USG yang dicetak: Mempermudah dokumentasi

Selama hamil, saya menggunakan USG 2D sebanyak 4 kali (sesuai jatah BPJS), namun karena setiap bulan kontrol, jadi sisanya saya menggunakan USG 4D dengan berbagai pertimbangan diatas. Di rumah sakit lain, biaya USG 4D antara 500 - 600 ribu. Jika ini terjadi, tentunya saya tidak sesering itu menggunakan USG 4D :)

Komentar