Praktek Pengenalan Matematika untuk Anak 1-2 tahun (Part 2)


Sudah baca praktek pengenalan Matematika disini? Ternyata praktek pengenalan Matematika ini berjalan jauh lebih menarik dan menyenangkan daripada yang saya kira. Masih penasaran Nara (saat pengenalan berusia 19 bulan) ngapain aja dalam 17 hari ini? Yuk lanjut...



Materi 2: "SPATIAL / EARLY GEOMETRY"
d. POSITION:
Untuk menjelaskan tentang letak, saya memanfaatkan buku bergambar. Saat membaca buku FARM (Campbell) kesukaan Nara, saya bertanya pada Nara tentang posisi benda-benda di gambar: Mana ayam yang diatas atap? Mana telur yang dibawah kandang? Coba cari kuda disebelah kolam!

Selain itu, saat Nara naik ke kursi, saya mengajaknya berbicara: "Wah Nara ada di tempat tinggi, mama duduk dibawah (lantai), coba sini duduk sama mama". Jadi dia juga merasakan beda berada di posisi tinggi dan rendah.

Progress Nara:  Nara sudah bisa memahami atas bawah.

Nara membaca buku FARM campbell untuk membantu memahami lokasi

e.SPACE
Tujuan dikenalkan "Space" disini adalah untuk membantu anak memahami konsep ruang. Untuk Nara, sebagai pengenalan, kami kenalkan tentang konsep cukup atau tidak cukup. Ternyata, kami mempraktekkan ini cukup sering:

1. Apakah bebek bisa (cukup) masuk di tabung Gerber? Ayo dicoba. Ternyata bebek besar cukup dan bebek kecil tidak.

2. Setiap saya pulang kantor dan masuk garasi, Nara yang menyambut saya di pintu saya minta untuk "membantu saya parkir". Dia senang sekali memberi aba2 "Terus" dan "Stop". Kalau space parkir didepan sudah habis, tentulah aba2nya menjadi "Stop".

3. Nara gemar sekali memakai mobil-mobilannya didalam rumah. Seringkali dia memasukkan mobil2an, pushwalker, serta sepedanya ke dalam kamar. Saya pun mengingatkan "Ayo mobilnya dikeluarkan, nanti mama nggak bisa masuk kamar. Nggak cukup."

Progress Nara:  Dia mulai memahami arti kosong, penuh, dan tumpah.

f. MOVEMENT
Nara loncat-loncat merupakan gerakan keatas dan kebawah.
Mobil-mobilan Nara bisa bergerak maju - mundur - depan - belakang tergantung cara Nara menggerakkan.

Progress Nara:  Dia mulai paham semakin tinggi bantal ditumpuk, maka semakin tinggi dia bisa loncat.

Materi 3: "MEASUREMENT / ESTIMATION"
a. MEASUREMENT
Dikenalkan dengan membantu Nara memahami konsep panjang, tinggi dan berat.
1. Konsep Panjang
dikenalkan dengan gajah berbelalai panjang.
2. Konsep Tinggi
dicontohkan dengan jerapah.
3. Konsep Berat
dicontohkan saat Nara bermain dengan galon Aqua. Galon Aqua kosong ringan, Nara bisa angkat. Galon Aqua penuh berat, Nara tidak kuat. Galon Aqua isi separuh Nara bisa dorong, tapi tidak bisa angkat.

Progress Nara: Untuk panjang dan tinggi, dia belum terlalu paham. Tapi tentang konsep berat, sudah lumayan.

b. ESTIMATION
1. Pindah alfabet ke wadah. Cukup nggak ya kalau dipindah dari wadah besar ke kecil? Kalau sebaliknya gimana?
2. Bola kalau ditaruh di wadah muat berapa ya? Kalau masuk tas?
Progress Nara: Karena Nara suka sekali bermain masak-masakan, maka dia melakukan permainan estimasi ini hampir sepanjang hari, meski dia belum bisa memperkirakan cukup dan tidak cukup :) Tidak mengapa, karena toh, 2 tahun saja dia belum :).

#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath

#MathAroundUs


Komentar